Mata kuliah ini mengenalkan akuntansi sebagai bidang pengetahuan akademik dan bidang profesi. Fokus bahasan adalah arti penting informasi akuntansi dan laporan keuangan (financial statement) sebagai media pelaporan serta sistem yang menghasilkan informasi tersebut. Secara umum pengenalan ini menunjukkan kepada mahasiswa bagaimana informasi keuangan organisasi-organisasi dalam suatu wilayah negara harus disediakan dan bagaimana data keuangan ditangkap dan diproses untuk disajikan melalui media pelaporan yaitu laporan keuangan.

Sebagai mata kuliah pengantar, mata kuliah ini lebih menekankan pada konsep dan aplikasi prinsip-prinsip akuntansi yang tersedia secara teoretis maupun praktis (yang dipraktikkan) tetapi tidak semata-mata diarahkan untuk mempelajari standar akuntansi yang berlaku di Indonesia yang mengadopsi International Financial Reporting Standards/IFRS. Lebih dari itu, khususnya di tingkat pendidikan tinggi, mata kuliah ini tidak hanya mengenalkan teknik atau prosedur akuntansi (mekanisma pencatatan akuntansi) tetapi yang lebih penting juga adalah mengenalkan konsep, teori, dan penalaran yang melandasinya.

Mata kuliah ini menjadi pengetahuan dasar untuk mata kuliah lain yang memerlukan pengetahuan akuntansi sebagai basis pemahaman.