Course Image Matematika Sistem Informasi

Matematika Sistem Informasi

Mata Kuliah ini membahas tentang Himpunan, Diagram Venn, Operasi antar Himpunan, Aljabar Himpunan, Inklusi , Proposisi, limit, dan kekontinuan fungsi, turunan, aturan sinus dan kosinus, dan aturan rantai, diferensial implisit dan eksplisit,integral tak-tentu dan integral tentu, pengertian luas dan integral tentu.

Course Image Algoritma dan Struktur Data 2

Algoritma dan Struktur Data 2

Deskripsi Materi:
Mata Kuliah Algoritma dan Struktur Data 2 membahas tentang Adapun materi modul ini adalah pemrograman modular, fungsi overloading, fungsi rekusi, serta perbedaan antara fungsi rekursi dan iterasi. Materi selanjutnya adalah pengenalan struktur data file, string, dan struct. Pemanfaatan tipe array yang digunakan untuk proses pencarian (searching), pengurutan (sorting) dan antrian (queue) pada data numerik maupun karakter. Bagian terakhir membahas tentang tipe pointer, linked list dan double linked list.

Standar Kompetensi:
Setelah kegiatan Algoritma dan Struktur Data 2, mahasiswa diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun algoritma pada kasus yang lebih kompleks dibandingkan kasus pada praktikum Algoritma dan Struktur Data 2, memilih struktur data yang sesuai, dan mampu mengimplementasikan algoritma dan struktur data menggunakan bahasa pemrograman C++.


Course Image Etika Profesi ( 2 Sks ) Pengampu Matakuliah : Erik Iman Heri Ujianto, Dr., M.Kom

Etika Profesi ( 2 Sks ) Pengampu Matakuliah : Erik Iman Heri Ujianto, Dr., M.Kom

Mata kuliah Etika Profesi (2 sks) membahas tentang etika profesi dalam bidang sistem informasi mulai dari pengertian etika, pengertian profesi, pengertian pekerjaan, kode etik profesi, tanggung jawab profesi, standarisasi profesi, sampai dengan implementasi etika profesi dalam pemecahan masalah di bidang sistem informasi.

Mata kuliah ini bertujuan untuk:

1.Memberikan pengetahuan tentang etika dalam profesi bidang sistem informasi.

2.Memberikan penjelasan tentang pengertian dan definisi tentang etika profesi.

3.Memberikan pengetahuan tentang penggunaan etika dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan profesi bidang sistem informasi.

4.Memberikan pengetahuan tentang standar profesi dalam bidang sistem informasi.

Setelah menempuh mata kuliah ini dengan berhasil, mahasiswa diharapkan akan dapat:

1.Mendiskripsikan peranan etika dalam profesi bidang sistem informasi.

2.Mengimplementasikan ilmu tentang etika profesi dalam memecahkan masalah dengan menjunjung tinggi kode etik & standar profesi.

Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan akan dapat:

1.Menjadi seorang ahli dibidang sistem informasi, seperti Manajer Sistem Informasi yang memegang teguh kode etik profesi.

2.Menjadi Wirausahawan dibidang sistem informasi yang mempunyai etika dalam berbisnis.