Mata Kuliah Intensive Reading ini diperuntukkan bagi mahasiswa Prodi PBI-UTY Semester I yang bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memahami bahan bacaan berbahasa Inggris tingkat Intermediate. Para mahasiswa akan disuguhkan berbagai materi bacaan/teks berbahasa Inggris dengan dengan topik/tema bervariasi. Mahasiswa melakukan berbagai kegiatan seperti; pre-reading activities, pengembangan vocabulary, memahami struktur kalimat, main ideas, dan memilih kata/diksi yang sesuai dengan konteks.
This is an English structure class. It to provide students with any phenomena of English structure in basic level. Basic Tenses and prepositions are the foundation, and the other English structure phenomena will enrich students' knowledge of grammar.
This course is to provide students with TOEFL discussion and other English proficiency test material. It is to prepare them to face the real test that they must do before the graduate from their study.
Mata kuliah ini adalah mata kuliah persiapan PLP 2 yang merupakan program praktek mengajar di sekolah-sekolah yang dituju. Oleh karena itu mahasiswa dipersiapkan untuk mengenal sekolah hyang dia tuju nanti. Selain itu mahasiswa dituntut mengetahui struktur organisasi sekolah dan kurikulum yang dipergunakan.
It is an intermediate level reading class. Students are given texts to explore and present in the classroom. Comprehension is the keyword so that is why students must understand the content and context of a specific text. Students must also be able to make others understand the texts.
This course will discuss about types of common speech, debating activity (Australasian & British P.), also encourage students to practice doing debate appropriate to the theory.
This course is aimed for developing students’ understanding of assessment in teaching English, then types of assessing English, and also conducting proper assessment i teaching English
Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana berkomunikasi dalam Bahasa Inggris lebih khususnya dengan mendengarkan native speaker, dengan kalimat dan grammar sederhana dan pilihan kata umum digunakan pada percakapan maupun monolog.
Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk menjadi pemikir dalam bidang pendidikan khususnya perkembangan teori pendidikan dan proses belajar manusia dalam setting pendidikan serta menggunakan informasi yang didapat tersebut untuk meningkatkan pembelajaran.
Mata kuliah ini memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa untuk mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Topik yang dibahas antara lain terkait dengan berbagai pendekatan, metode, strategi dan teknik yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat mengenal berbagai teori dalam proses pembelajaran (empat keterampilan berbahasa dan komponen bahasa) bahasa Inggris. Mata kuliah ini juga membahas tentang perkembangan pengajaran bahasa Inggris di Indonesia dan memberikan keterampilan dalam menyiapkan perencanaan materi ajar yang sesuai dengan pendekatan pembelajaran yang ada. Hal ini penting (bagi mahasiswa PS PBI dan Sasing) sebagai bekal menjadi pengajar bahasa Inggris sebagai alternatif profesi setelah mahasiswa lulus.
Mata Kuliah Microteaching mempersiapkan mahasiswa untuk siap mengajar di sekolah menengah atas. Para mahasiswa akan diberikan berbagai macam topik sesuai dengan buku paket SMA / SMK, kemudian mahasiswa diminta untuk membuat dokumen pengajaran (SAP/SilabusRPP) yang akan digunakan dalam mengajar kelas microteaching. Total jumlah pertemuan sebanyak 14 kali pertemuan, yang dibagi dalam 12 kali pertemuan tatap muka secara langsung dan 2 kali E-learning. Pengalaman belajar mahasiswa didapat dari berbagai metode seperti; diskusi kelompok, pengajaran kelas mikro/penugasan secara individu/kelompok, tutorial, tugas, discovery learning, dan E-learning. Penilaian dilakukan berbasis proses yang mana mahasiswa akan dinilai berdasarkan setiap capaian pembelajaran yang sudah ditentukan pada proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas seperti partisipasi dikelas, eLearning, presentasi, project, dan test.
Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa agar mampu melakukan analisis dan evaluasi implementasi Silabus/RPP pada lembaga kursus bahasa Inggris secara lengkap yang dimulai dari Format Silabus, Komponen Silabus, Tahapan Implementasi Silabus, Kendala yang Dihadapi dalam Implementasi, Keunggulan Silabus dan Kelemahan Silabus, dan Implementasi Silabus yang telah dirancang. Metode pengajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah project – based learning yang mana pada akhir mata kuliah nanti mahasiswa akan mempunyai sebuah laporan evaluasi implementasi Silabus/RPPdi sebuah lembaga kursus bahasa Inggris. Penilaian dilakukan berbasis proses yang mana mahasiswa akan dinilai berdasarkan setiap capaian pembelajaran yang sudah ditentukan pada proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas seperti partisipasi dikelas, eLearning, project, quiz, dan tes.