Mata kuliah Teknologi Berorientasi Objek berisi pembelajaran mengenai konsep dasar perangkat lunak dengan pendekatan SDLC dan paradigma yang berorientasi objek. Pokok materi yang diajarkan adalah mengenai proses perancangan perangkat lunak berorientasi objek dengan media Unified Modeling Language (UML). Mahasiswa akan belajar mengenai software requirement gathering, menyusun  diagram behavioral dan structural dengan UML, serta mendesain prototipe GUI perangkat lunak yang interaktif dengan bantuan software Adobe XD atau semacamnya. Perlu diperhatikan bahwa, mata kuliah ini berusaha menonjolkan materi terkait perancangan UI -namun tetap memberikan porsi yang sesuai untuk materi lainnya- sebagai strategi untuk meningkatkan ketertarikan mahasiswa terhadap mata kuliah, sehingga semakin bersemangat dalam mempelajarinya. Mata kuliah ini menjadi pondasi bagi mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di tingkat berikutnya, terutama pada mata kuliah yang berhubungan dengan pengembangan perangkat lunak maupun mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek.