Course Image Perencanaan Pembangunan Permukiman

Perencanaan Pembangunan Permukiman

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep dasar rumah, perumahan dan permukiman; elemen-elemen pembentuk permukiman; isu, permasalahan dan kebijakan pembangunan permukiman di Indonesia; aspek-aspek perencanaan pembangunan permukiman dalam konteks wilayah dan kota; serta konteks permukiman kumuh di Indonesia. 


Course Image Manajemen Pembangunan

Manajemen Pembangunan

Mata kuliah ini menjelaskan tentang teori dan konsep dasar mengenai manajemen pembangunan wilayah dan kota, aspek-aspek dalam manajemen pembangunan serta strategi-strategi untuk mewujudkan rencana-rencana pembangunan wilayah dan kota  melalui kegiatan manajemen pembangunan. Fokus dari kegiatan manajemen pembangunan adalah manajemen sektor publik yang merupakan lingkup aktivitas perencanaan pada umumnya. Untuk itu, perlu diberikan pemahaman dasar atas konsep manajemen pada umumnya, meliputi planning, organizing, actuating dan controlling serta strategi pewujudan rencana-rencana pembangunan meliputi strategi pada aspek manajemen pelaksanaan program dan kegiatan, pengawasan, dan kelembagaan dalam rangka mempengaruhi implementasi rencana pembangunan hasil proses/ kegiatan perencanaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Course Image Rancang Kota

Rancang Kota

Mata kuliah ini memberikan pengantar terhadap elemen-elemen perancangan kota dan merupakan pendetailan dari materi dalam mata kuliah Metode dan Teknik Perencanaan 2. Mata kuliah ini memberikan keterampilan atau keahlian dalam metode dan teknik perancangan kota yang berfokus pada pemahaman terhadap isu dan permasalahan kota sebagai dasar pemikiran penyusunan rencana pengembangan kota

Course Image Teori Perencanaan

Teori Perencanaan

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pengertian teori dan perencanaan, perkembangan dan konsep teori terkait sejarah dari munculnya teori perencanaan, dilanjutjan dengan proses mengenal paradigma perencanaan secara global dan paradigma perencanaan yang terdapat di Indonesia. Selain itu dalam mata kuliah ini dipaparkan pula jenis-jenis teori perencanaan, dilihat dari pengertian theory “for” planning, “of” planning, “in” planning, dilanjutkan dengan pola pergeseran paradigma perencanaan dan pengenalan terhadap konsep-konsep besar tentang teori perencanaan berdasar tokoh dan ragam konsep yang sedang berkembang saat ini

 


Course Image Perencanaan Tata Guna Lahan

Perencanaan Tata Guna Lahan

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pengertian tentang perencanaan dan pengembangan tata guna lahan, aspek- aspek pendukung, serta posisinya dalam perencanaan wilayah dan kota. Selain itu mata kuliah ini juga akan memberikan pengetahuan tentang isu-isu terkini terkait tata guna lahan, pemahaman terhadap masalah- masalah tentang lahan, analisis problem solving terhadap masalah- masalah yang ada maupun terhadap potensi masalah yang akan ditimbulkan, kebijakan lahan di perkotaan maupun pedesaan, manajemen lahan kota, serta beberapa konteks teknis perencanaan guna lahan dalam rangka perencanaan wilayah dan kota.

Course Image Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota

Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengantar bagi mahasiswa baru perencanaan wilayah dan kota. Mata kuliah ini membahas tentang alasan pwk diperlukan, sejarah singkat pwk, sampai pengembangan kemampuan perencana secara lengkap, baik sebagai konsultan, bisa juga sebagai pegawai pemerintahan dan juga terdapat berbagai materi pengantar lainnya yang dijelaskan secara lengkap. Mata kuliah ini memberikan pemahaman secara menyeluruh bagi mahasiswa yang baru saja masuk ke dalam dunia perencana wilayah dan kota, berupa poin-poin penting dan dasar-dasar yang perlu mereka ketahui dan siapkan di dunia kerja nantinya.

Course Image Teori Keruangan

Teori Keruangan

Mata kuliah ini memberikan pemahaman keruangan yang berkaitan dengan ruang, interaksi keruangan, struktur ruang, serta teori-teori yang berkaitan dengan keruangan, beserta penggunaannya.