Course Image Statistika

Statistika

Statistika 

Statistika sebagai salah satu bagian penting dalam penelitian ilmiah berfokus pada pengolahan data secara kuantitatif. Dalam proses pengolahan data secara kuantitatif, pada lingkup statistika memiliki syarat dan ketentuan yang mengikat sehingga hasil olah data memiliki tingkat penyimpangan yang rendah. Data sebagai basis penelitian adalah bagian penting sehingga validitasnya harus dapat dijamin. Statisika dengan beragam syarat dan ketentuan dalam perhitungan data memungkinkan tersedianya data valid sebagai material penelitian ilmiah berbasis kuantitatif. 

Course Image Metode Penelitian Sosial

Metode Penelitian Sosial

Mata kuliah Metode Penelitian Sosial ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan riset. Dengan menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menyusun proposal penelitian ilmu sosial dengan struktur yang lengkap. Proposal penelitian yang baik harus dibangun dengan pemahaman paradigma penelitian, teori-teori yang relevan, dan metode yang tepat.

Course Image Psikologi Komunikasi

Psikologi Komunikasi

Mata kuliah ini akan mendiskusikan pemahaman proses mental dan perilaku manusia dalam berkomunikasi, faktor yang mempengaruhinya dan efek faktor psikologi individu dan kelompok terhadap proses komunikasi. Mahasiswa didorong untuk mengaplikasikan pengetahuan ini untuk meningkatkan efektifitas komunikasi. Selain itu pula dibicarakan pengaruh faktor psikologis dalam komunikasi massa dan komunikasi termediasi seiring dengan perkembangan teknologi digital.

Course Image Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas sebagai salah satu bagian dari pendidikan karakter yang diajarkan di perguruan tinggi. Dalam mata kuliah ini akan dipelajari berbagai sisi dari Pancasila mulai dari sejarah, serta posisi Pancasila sebagai dasar formal dan informal dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai warga negara maupun sebagai pribadi.

Course Image KOMUNIKASI INTERPERSONAL

KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Perkuliahan ini memberikan pemahaman tentang komunikasi atau interaksi orang ke orang, dua arah, verbal dan non verbal serta saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau antar individu di dalam kelompok kecil. Materi perkuliahan mencakup pengertian dan karakteristik komunikasi interpersonal, proses komunikasi interpersonal, persepsi manusia, pesan verbal dan non verbal, komunikasi efektif, aspek nilai, norma dan etika komunikasi.. Tugas meliputi tugas rumah dan tugas kelas.

Course Image Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Kewarganegaraan

Mata kuliah wajib umum ini akan membekali mahasiswa mengenai beberapa dimensi pengetahuan kewarganegaraan yaitu hakikat dan urgensi pendidikan kewarganegaraan, esensi dan urgensi identitas nasional, urgensi integrasi nasional dalam persatuan dan kesatuan, negara dan konstitusi, HAM, hak, kewajiban warga negara dalam negara demokrasi, demokrasi indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945, penegakan hukum yang berkeadilan, geopolitik dan wawasan nusantara serta geostrategi, tantangan ketahanan nasional dan bela negara.